Sabtu, 29 November 2008

Advent: Terang dalam kegelapan

Pdt.G.Panjaitan.MSi

Advent dilambangkan dengan warna uUngu /violet (purple) yaitu warna yang dipakai oleh raja dan warna hiasan yang dikapai menyambut raja. Dalam tahun gerejani, selain advent ada lagi minggu dengan symbol warna ungu yaitu Palamarum yang merayakan Kedatangan Yesus ke kota Yerusalem disambut sebagai raja namun kedatangan itu bermakna kedatangan untuk menderita. Kedua makana itu ada dalam warna ungu.

Perayaan Advent itu pertama diarahkan kepada perayaan kelahiran Yesus di dunia ini atau perayaan Natal namun perayaan itu juga bermakna antisipasi akan kedatangan Yesus kedua kali. Oleh karena itu advent mengandung makna pengharapan (expectation) persiapan (preperation ) kerinduan, keinginan (longging).

Simbol yang sudah ditradisikan dalam perayaan advent adalah advent wreath (Bunga lingkaran Advent: Pertemuan warna hijau daun dan hiasan ungu). Maknanya adalah kita ada dalam lingkukan kasih Allah yang tidak berkesudakan (circle of mercy). Simbol lain adalah Candles (lilin) yang menyala : simbol terang Allah yang datang melalui kelahiran Yesus Kristus




Perayaan Advent tahun 2009 saya sebutkan advent di dunia lai. Lain karena banyak buruh yang dirumahkan dan dipehaka sehingga kehidupan menjadi terancam.Lain karena semakin banyak ibu yang mederita menghidupi makan anaknya setiap hari bahkan ada yang membunuh anaknya karena tidak sanggp memberi makan. Lain kekejaman semakin merajalela dan pelaku kejahatan diperlakukan seperti pahlawan. Lain karena para elit politik memperjualbelikan penderitaan rakyat dengan menggangkatnya menjadi isu kampanye.

Penderitaan yang tidak persis sama tetapi ada kesesuaiannya dialami bangsa Israel ketika mereka pulang dari pembuangan Babel ke tanah perjanjian, ke Yerusalem. Mereka terpecah karena ada yang ingin tinggal menetap di Babel sebab secara ekonomi lebih baik dari pada pulang ke Yerusalem yang hancur secara politik, ekonomi dan kemasyarakatan. Keadaan Israel saat itu kehilangan percaya diri. Kepada mereka di suarakan: Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.(Yes 60:1) Bangkitlah – Teranglah dua kata yang memaknai advent.

Terang itu memiliki cahaya. Cahaya merupakan sejenis energi berbentuk gelombang elekromagnetik yang bisa dilihat dengan mata , bergerak lurus kesemua penjuru arah. Cahaya juga merupakan dasar ukuran meter: 1 meter adalah jarak yang dilalui cahaya 1/299,792,458 detik. Kecepatan cahaya adalah 299,792,458 meter per detik.

Sifat cahaya adalah dapat dipantulkan. Cahaya yang mengenai benda akan mematulkan kembali dan cahaya itu lebih baik dan teratur pada permukaan yang rata. Pantulan cahaya agak kabur pada permukaan yang tidak rata. Kita dapat mengenali sebuah benda karena benda itu memantulkan cahaya yang diterimanya. Cermin dan permukaan air yang jernih serta tenang adalah pemantul cahaya yang baik. Penjelasan itu memberikan makna bangkit dan bercahaya adalah menjadi kuat, cepat, tajam, dan tampak jelas. Sifat Ini yang membuat kita berharga dan bermakna.

Kemahaluarbiasaan terang /cahaya digambarkan oleh metode belajar kuantum. Metode ini bermula dari upaya Dr Gergori Lozanov, seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai suggestology atau suggestopedia. Dia mengatakan bahwa proses belajar atau bahkan proses hidup adalah aktivitas untuk meraih sebanyak mungkin cahaya. Melalui interaksinya dengan cahaya, manusia dapat mencipta sebanyak mungkin energi. Otak manusia sebagai pusat seluruh proses penyerapannya adalah materi yang apabila berinteraksi secara intensif dengan cahaya akan menghasilkan energi yang luar biasa.

Mengacu kepada pendapat itu maka ungkapan bangkit dan bersinar adalah proses memberikan kehidupan dan pencerahan. Oleh karena itu orang percaya harus sesering mungkin disinari cahaya diatasnya itu. Orang percaya hendaknya mempunyai mempunyai permukaan datar sehingga memantulkan dengan baik cahaya Tuhan itu. Banyak nilai kehidupan dari sumber cahaya itu – Yesus- kita terpanggil untuk pantulkan kepada orang yang melihatnya. Kita tidak boleh hanya menghasilkan cahaya biasan dari permukaan yang datar.

Bangkit dan bersinar akan membuat kita mempunyai daya tarik . Daya tarik ini digambarkan dalam Ay 3-5 : "Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu. ... mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendonng... kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu."

Bagaimana kita membangun daya tarik /pikat ini ? Pertanyaan yang perlu karena advent meminta kita menjadi terang.Beberapa hal sederhana yang bisa kita kerjakan:

a. Berikan Kebaikan Tanpa Pernah Menghitungnya

Tuhan itu maha pemurah. Firman Tuhan berkata : lebih baik memberi dari pada meminta. (Kis 20 :35) Belajarlah memberi tanpa mengharapkan imbalan, perasaan yang datang dari hati akan menumbuhkan kepuasan dan kesenangan. Advent dilambangkan Lilin menyala: memberikan tanpa berharap menerima.

b. Kerendahan Hati

Kerendahan hati datang dari percaya pada diri sendiri. Orang yang hari hati berusaha menyingkirkan keinginan untuk selalu membuktikan pada orang lain. Sementara orang berusaha untuk rendah hati, mereka harus menghentikan sikap egois, itu sebuah proses yang mutlak dan membangun. Mesias yang datang dengan keledai bukan kuda bukti kerendahan hati.

c. Penuh Minat dan Suka cita

Advent adalah kedatangan Mesias yang penuh hikmat: Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (Yes 9:5).

Jadilah orang yang ceria dan penuh harapan, dan buat dunia terpikat pada Anda. Kerajaan Allah itu: Salah satu cirinya adalah suka cita. Suka cita itu dapat tampak dalam gaya bicara yang perduli, Suka tertawa karena tertawa itu menyehatkan, wajah selalu ceria.

Saat Anda tersenyum, otak akan bereaksi dan memproduksi endorphin (zat alami yang memindahkan rasa sakit). Selain itu, sebuah senyuman akan membuat Anda rileks. Sebuah senyum juga akan menebarkan kegembiraan pada orang lain. Tekankan dalam pikiran Anda, selagi Anda bersama orang lain, bahwa senyuman dapat memperpendek jarak antar orang lain.

d. Tata Krama

Tingkah laku, kesopanan dan kebaikan membuat kita bercahaya bersinar sehingga disukai orang lain. Tata krama yang bagus membuat orang lain merasa nyaman.Tata krama merupakan sumber kesenangan, memberikan rasa aman dengan menunjukan penghormatan pada oran lain. Bersikap penuh tata karma bukan hanya berlaku pada sebagian orang, tapi pada setiap orang yang kita kenal, tak peduli status dan kedudukan mereka. Karena Tuhan telah menyinari kita.

Perayaan Advent tahun ini mendorong kita untuk menunjukkan keperdulian dengan semua komponen bangsa. Hendaknya kita memancarkan sinar yang dari pada Tuhan itu. Sinar itu akan membuat orang lain nyaman di dekat kita dan mensejahterakan kita semua. Amin.

Tidak ada komentar: